Minggu, 04 Januari 2015

Cara bikin account US/UK/HK/JP PSN lewat PC (disertai gambar)


Buat sobat sekalian, dalam postingan pertama ini saya mau ajarkan cara membuat akun PSN region JP/US/UK/HK PSN. Kalau sobat memiliki keempat akun ini, sobat bisa memperoleh dengan maksimal kesempatan diskon harga game PSN dengan lebih baik, atau bahkan game gratis. Tutorial pembuatan akun ini adalah untuk PC. Sobat nanti cuma perlu login saja dari console untuk memakainya.

Kenapa PC?
Blog ini akan sering menyertakan link menuju games untuk digunakan via web browser. Sobat tidak bisa mengunjungi link tersebut lewat PS3 atau PS4. Jadi untuk mengambil keuntungan dari PSN yang multi region, PC adalah yang terpraktis. Dan juga kalau sobat membuka PSN Store dari PS3, sobat tidak bisa melihat judul game untuk PS4

Dan dengan menggunakan tutorial ini, agan bahkan tidak perlu punya PS3/PSP/PS4/Vita atau console PlayStation lainnya. Sobat bisa membeli game yang didiskon atau bahkan digratiskan sebelum punya consolenya! Ya, sobat tidak salah baca. Karena nanti begitu sobat gamer punya consolenya, kalian cuma perlu login dari console lalu mendownload semua yang sudah didapat via purchase list.

Sebelum membuat akun-akun sobat gamer, persiapkan bumbu-bumbu berikut:
  • 4 alamat email pribadi yang berbeda dan belum pernah didaftarkan di PSN. Saran saya bikin 4 akun baru, pakai GMail, tulis ID baru dengan akhiran _US atau _JP tergantung regionnya. Contohnya: sayasukamaingame_us@gmail.com / sayasukamaingame_jp@gmail.com, dan seterusnya.
  • Satu password 8 digit alphanumerik, maksudnya harus ada huruf dan angka, boleh pakai huruf besar tapi PSN tidak memerlukannya. Cukup bikin satu saja dan gunakan untuk semua password, biar gampang mengingatnya. Hal ini diperlukan karena sobat bakalan sering logout/login PSN store dari PC.
  • Alamat di US/UK/JP dan HK. Akan diberikan dalam tutorial ini:


Bagaimana caranya mendapatkan alamat itu?
Kalau punya alamat pribadi di 4 region tadi, silakan gunakan alamat sobat sendiri. Kalau tidak punya sobat bisa pakai fasilitas Borderlinx Forwarding Service, begitu mendaftar di situs mereka, mereka akan memberi sobat alamat pribadi di US dan UK. Nanti kalau menerima surat atau paket di alamat tersebut, bisa dikirim ke alamat sobat di indo, tapi dengan ongkos dan kena pajak cukai tentunya. Kekurangan Borderlinx adalah tidak memberikan alamat JP, jadi dalam tutorial ini saya memakai vPost. Yang memberi 4 alamat US, UK, JP, dan China.

Kunjungi www.vpost.com, kekurangan dari vPost adalah mereka cuma bisa mengirim ke 5 negara di atas, jadi semisal sobat menerima paket/surat ke alamat sobat, tidak akan bisa dikirim ke Indonesia. Untuk tutorial ini kita cuma perlu alamat saja, jadi tidak masalah memilih negara mana saja, dalam contoh ini saya memilih Singapore.
Gunakan salah satu email sobat untuk mendaftar, tulis alamatnya ke kotak yang ditunjukkan oleh panah merah lalu klik tombol merah SIGN UP di sebelahnya.

Kotak pertama akan langsung terisi email sobat. Jadi tinggal menuliskan yang lainnya. Beri centang untuk yang "I acknowledge...." yang dua di bawahnya tidak perlu dicentang. Klik SIGN UP kalau sudah selesai.
Selesai! Cuma itu saja! Sobat bahkan tidak usah melakukan konfirmasi email. Tunggu 5 detik sampai halaman berganti seperti di bawah ini.

Sobat akan masuk ke halaman ini dengan status sudah login. Klik My Addresses untuk melihat alamat sobat.

Ini dia, empat alamat sobat! Alamat China di kanan bawah tidak bisa dipakai di HK PSN sih, tapi ketiga lainnya bisa dipakai untuk US/UK/JP PSN. Alamat ini tentunya sama untuk semua orang, tapi ada bagian yang berisikan nama sobat. Jadi tolong jangan dibocorkan. Kalau ada teman butuh bantuan, silakan dibantu mendaftar, tapi jangan berikan alamatnya demi menghindari penyalahgunaan alamat vPost.

Setelah sobat punya ketiga alamat tadi, sekarang waktunya membuat akun PSN
Buka PSN Store region mana saja atau klik link ini. Sobat bisa membuat akun PSN region apa saja dari PSN store region mana saja..

Tampilan PSN store adalah seperti di atas, kalau sobat sudah login, tolong log out dulu. Kalau memang belum login. Lewati langkah ini.

Klik Create Account di pojok kanan.

Akan keluar form seperti gambar di atas. Sobat cuma perlu memasukkan alamat email yang sesuai dan tanggal lahir. Sobat bisa saja memalsukan tanggal lahir agar usia menjadi lebih dari 18 tahun, tapi resiko ditanggung sendiri. Pilihan paling penting di sini adalah Country/Region, karena akan menentukan PSN Store yang terhubung dengan account tersebut. Coba kita cek apa yang terjadi kalau United States diganti dengan United Kingdom/Hong Kong.

Sobat bisa lihat sendiri, karena kita akan membuat 3 akun (US/UK/HK) maka kita harus mengulang proses Create Account ini sebanyak 4 kali. Kenapa empat kali? Karena yang keempat adalah akun JP yang akan dijelaskan pada akhir postingan ini. Pokoknya sekarang tentukan dulu Country/Region yang sesuai dan scroll ke bawah. Contoh berikut adalah untuk akun US, tetapi prosesnya sama untuk UK/HK.

Disarankan untuk menghilangkan tanda cek agar tidak menerima spam dari PSN. Klik tombol biru jika selesai.

Sekarang tuliskan Online ID sobat. ID ini permanen dan harus unik. Tidak bisa diganti di kemudian hari, dan tidak boleh ada yang kembar persis. Cara termudah dan mudah diingat adalah gunakan online ID utama plus beri imbuhan _UK atau _HK menjadi budi_uk atau budi_hk.

Tuliskan nama lengkap dan pertanyaan keamanan. Seragamkan dengan semua akun.
Untuk alamat, gunakan alamat dari vPost atau Borderlinx, contoh di atas untuk negara United States. Untuk PSN HK, sobat tidak bisa memakai alamat Cina dari vPost, namun untungnya PSN HK tidak memeriksa alamatnya seperti US/UK/JP PSN. Jadi sobat bisa masukkan alamat apa saja atau bahkan mencari alamat hotel dari Google.

Klik No. Kekurangan kita sebagai gamer multi region adalah tidak dapat membayar dengan kartu kredit atau PayPal. Hanya bisa menggunakan voucher isi ulang elektrik untuk PSN.

Sobat akan ditawari lagi info promosi dari PSN, boleh dicek atau tidak tapi demi mengurangi spam, saya sarankan untuk tidak dicek. Klik Finish begitu semua selesai.

Selamat, satu akun PSN sobat selesai dibuat. Kamu akan langsung login ke PSN Store sesuai region dari akun tersebut. Boleh-boleh saja browsing game atau mengambil demo dll. tapi jika ingin membuat akun lainnya, Sign Out dulu dan klik Create Account lagi. Proses pendaftaran akun untuk PSN US/UK/HK semuanya serupa dan dalam bahasa Inggris. Untuk PSN JP hanya dalam bahasa Jepang, dan tutorial berikutnya adalah untuk PSN JP.

Begitu klik Create Account, tulis email yang sudah sobat persiapkan untuk PSN JP, tentukan tanggal lahir, lalu pilih Japan sebagai regionnya. Layar akan berubah menjadi bahasa Jepang setelah ini.
Kalau sobat sudah menulis email dan menentukan tanggal lahir, itu akan disesuaikan otomatis dengan format Jepang. Fokus berikutnya adalah pilihan nama kota atau city drop down list. Klik pilihan tersebut.
Sobat perlu memilih Tokyo di sini, Kanjinya adalah 東京都, dan ada di urutan ke-13 dari atas yang berwarna hitam, atau tepat di atas nama kota yang terdiri dari 4 kanji, seperti gambar di atas. Pilih itu.
Scroll ke bawah, tulis password dan captcha seperti biasanya, jangan lupa menghilangkan tanda cek untuk mengurangi spam. Lalu scroll ke bawah lagi.

Klik tombol biru yang terlihat. 

Saatnya memasukkan Online ID lagi, tambahkan akhiran _JP seperti contoh di atas. Sobat hanya perlu memakai huruf latin + angka, juga tanda garis - atau garis bawah _ sebagai pemisah. Tidak bisa memakai huruf kanji dsb.
Tulis nama sobat, pake huruf latin saja tidak masalah. Sobat bisa menulis pertanyaan sendiri dengan klik link biru panjang dalam bahasa Jepang. Pertanyaan dan jawaban juga bisa dalam bahasa Inggris atau Indonesia.
Saatnya memasukkan Kode Pos Jepang, masukkan kode 7 angka dari vPost tanpa tanda garis -, klik tombol biru di sebelahnya, dan nanti pada form berikutnya akan terisi kanji secara otomatis.

Seperti gambar di atas, sobat tidak perlu menulis huruf Jepang sama sekali, cukup tuliskan 3 nomor di belakang Kanji, lalu copas alamat panjangnya. Bahasa Inggris pun tidak masalah.

Pilih No.

Hilangkan tanda cek lalu klik tombol biru.

Selesai!!

Sobat harus ingat untuk tidak lupa Sign Out begitu selesai menggunakan PSN Store. Karena sobat tidak bisa mengunjungi PSN store region lain kalau sedang login di salah satu Store.

Setelah akun PSN sobat beres, sekarang saatnya menggunakan pada console. Contoh berikut adalah untuk PS3, tetapi tidak akan jauh berbeda untuk PS4. Saat ini saya tidak punya PS4 jadi mohon maaf, hanya bisa menyediakan contoh untuk PS3 saja.
Pilih create a new user

Tulis nama apa saja, tetapi saya sarankan untuk menulis nama region. Contohnya: BUDI JP atau Akun JP Saya.
Sobat harus Log In sebagai user baru tersebut

Geser ke menu PSN, pilih Sign Up.

Pilih "Use an Existing Account"

Tulis email dan password dari salah satu PSN sobat. Beri tanda centang untuk Save Password. Lalu tekan Continue.
Akun yang saya coba adalah untuk JP PSN, jadi layar akan langsung berubah menjadi bahasa Jepang. Layar di atas tidak berguna apa-apa. Langsung Cancel saja.
Kembali ke menu PSN, sekarang menu berubah nama menjadi Sign In. Pilih ikon tersebut.

Alamat email dan password sudah langsung terisi. Sobat cuma tinggal beri tanda centang Auto Sign-In, lalu tekan Sign In.

Selesai!Ulangi untuk semua akun PSN dan sekarang sobat punya PS3/PS4 dengan akun dari 4 region US/UK/JP/HK. Lihat juga Tutorial untuk Isi Saldo pada postingan ini. Sampai jumpa!



Penting:
  1. Games PS3/PS4/Vita adalah region-free, alias game Jepang bisa dimainkan di mesin Amerika. Tetapi DLC dan file save terkunci dengan region dari game tersebut. 
  2. Perlakukan akun PSN sobat seperti dompet, karena mereka adalah metode pembayaran yang sah untuk setiap store. Jangan berikan data akun sobat kepada siapapun.
  3. Pembayaran dengan PayPal dan Kartu Kredit di PSN hanya bisa dilakukan jika alamat penagihan sama dengan negara dibuatnya akun tersebut. Kartu Kredit Indonesia hanya dapat digunakan untuk PSN Indonesia.
  4. Gunakan 4 akun tersebut hanya untuk pembelian, games yang sudah dibeli bisa dimainkan dengan akun apapun, termasuk akun utama sobat selain 4 akun tadi. Games gratis dari PS Plus juga termasuk.
  5. Kecuali untuk games yang sifatnya free trial, maka harus dijalankan dengan akun yang "sesuai dengan region" untuk pertama kalinya. Untuk kedua kalinya bisa menggunakan akun apapun.
  6. Untuk games atau app yang sifatnya berlangganan seperti Final Fantasy XIV, wajib dijalankan lewat akun yang membeli voucher langganan tersebut.
  1. Jangan pernah menggunakan akun untuk bermain curang di online. Akun bisa diblokir.
  2. Jangan pernah menggunakan akun untuk berbagi games dengan mesin PS3 lainnya. Akun bisa diblokir.
  3. Jangan memberi nama akun dengan kata-kata kasar atau SARA, baik dalam bahasa apapun karena bisa dilaporkan dan diblokir.
  4. Jangan menggunakan akun untuk memborbardir pemain lain dengan pesan tidak diinginkan. Akun bisa diblokir.
  5. Jangan pernah menggunakan akun untuk mengancam orang lain, termasuk dalam konteks gurauan. Akun bisa diblokir.
  6. Jangan pernah menggunakan file save yang dimodifikasi. Akun bisa diblokir.
  7. Jangan pernah menggunakan akun atau login pada mesin yang dimodifikasi (baik ODE atau CFW). Akun dan console bisa diblokir.
  8. Blog ini tidak mendukung cara mencari games bajakan atau dengan cara-cara tidak sah lainnya. Jangan bertanya caranya mendownload game bajakan. PSN sesekali memberikan game dengan gratis dan semuanya dilakukan secara resmi oleh pembuat game itu sendiri. Ikuti blog ini untuk tidak ketinggalan informasi tentang game-game gratis tersebut.


PSN Indo. Part of PSN World Deals.

10 komentar:

  1. Bos, boleh berteman di PSN? Kalo boleh minta PSN IDnya, ntar saya invite...

    BalasHapus
  2. gan sy punya ps4 ....tapi setiap sign ke psn nya tdk dpt digunakan gan.... kalau lewat laptop masuk ke web nya sony, psn sy bisa diakses gan...tapi untuk dimesin ps4 sy selalu gagal gan....ps4 sy sdh terhubung dgn internet buka facebook mau pun yuo tube sdh bisa gan....yg tdk bisa masuk ke psn nya gan

    BalasHapus
  3. gan, kalo gk keberatan. bisa gk saya izin utk agan buatin akun utk saya dengan region us. jujur saya gagal paham dengan semua yg agan jelasin itu. karna saya punya ps vita tp permainannya itu" saja.. makasih sebelumnya dan semoga agan mau membantu

    BalasHapus
  4. Saya sudah buat akun buat ps4.tapi vertivikasinya tada !!!! Terus.tolong bantu gimana cara buatnya bos.padahal sudah ngikutin di gogle.tapi kok tidak bisa masuk and tidak bisa online

    BalasHapus
  5. setelah selesai tapi di suruh verify email knpa gann???

    BalasHapus
  6. U save my day browwww !!! THIS BLOG IS FANTASTICO !!! :D

    BalasHapus